Training Needs Assessment (TNA)


Haaaiiii…
Kali ini kita akan membahas Training Need Assessment (TNA)

Pengertian Training Needs Assessment (TNA)
Menurut Rossett and Sheldon “Training Needs Assessment is the study done in order to design and develop appropriate instructional and informational programs and material.” Studi yang dilakukan untuk merancang dan mengembangkan program pembelajaran dan berbasis informasi yang tepat. Allison Rossett menuliskan bahwa Training Needs Assessment merupakan sebuah umbrella term dari beberapa istilah seperti problem analysis, pre-training analysis, front-end analysis, discrepancy analysis digunakan untuk menganalisis , memeriksa dan memahami kinerja organisasi sedangkan menurut Analisis Kebutuhan Pelatihan menurut Rosset dan Arwady menyebutkan bahwa Training Needs Assessment (TNA) adalah suatu istilah yang dipergunakan dalam analisis untuk memahami permasalahan kinerja atau permasalahan yang berkaitan dengan penerapan teknologi baru.

Jadi Training Needs Assessment adalah suatu langkah yang dilakukan sebelum melakukan pelatihan dan merupakan bagian terpadu dalam merancang pelatihan untuk memperoleh gambaran komprehensif tentang materi, alokasi waktu tiap materi, dan strategi pembelajaran yang sebaiknya diterapkan dalam penyelenggaraan pelatihan agar pelatihan bermanfaat bagi peserta pelatihan. Dari analisis tersebut dapat ditentukan kebutuhan dan tujuan organisasi apa yang ingin dicapai dan pelatihan yang relevan dengan kebutuhan dan tujuan organisasi. 


Manfaat Training Needs Assessment (TNA)


Ada beberapa manfaat yang dapat diambil dari kegiatan training needs assessment, yaitu manfaat langsung dan tidak langsung. Manfaat langsung adalah :
a. Menghasilkan program pelatihan yang disusun sesuai dengan kebutuhan organisasi, jabatan dan individu.
b. Sebagai dasar penyusunan program pelatihan yang tepat.

Sedangkan manfaat tidak langsung adalah :
a. Menjaga produktivitas kerja
b. Meningkatkan produktivitas dalam menghadapi tugas baru.
c. Efisiensi biaya organisasi


Tahap Trainning Needs Assessment (TNA)

Organizational assessment (Penilaian Organisasi)
Penilaian organisasi mengevaluasi kinerja organisasi secara keseluruhan. Sebuah penilaian atau analisis pada tipe ini menentukan skill, knowledge, and abilities seperti apa yang dibutuhkan organisasi sehingga menentukan apa yang diperlukan dalam mengatasi masalah dan kelemahan yang ada pada organisasi agar meningkatkan kompetensi yang dimiliki oleh organisasi tersebut. Penilaian pada level organisasi secara internal dapat dilakukan dengan cara mengadakan survei sikap karyawan terhadap kepuasan kerja, persepsi karyawan, dan sikap karyawan dalam administrasi. Di samping itu, analisis organisasi dapat menggunakan turn over, absensi, kartu pelatihan, daftar kemajuan karyawan, dan data perencanaan karyawan.Penilaian organisasi mempertimbangkan faktor eksternal seperti perubahan demografi, faktor politik, teknologi, dan ekonomi.

Task Analysis (Analisis tugas)
Analisis tugas mengidentifikasi pelatihan apa saja yang harus diberikan kepada karyawan terkait dengan pekerjaannya dan membantu memastikan bahwa pelatihan yang dikembangkan relevan dengan content pekerjaan. Tujuan analisis ini adalah mengetahui tentang tugas yang harus dilakukan karyawan, penentuan standar kinerja untuk suatu pekerjaan, penentuan pengetahuan, kemampuan dan perilaku yang diperlukan dalam suatu pekerjaan. 

Individual Assessment (Penilaian Individu)
Penilaian individu menganalisis bagaimana seorang karyawan dapat melakukan pekerjaan dengan baik dan menentukan kemampuan individu dalam menyelesaikan new and different work. Penilaian dalam tahap ini menghasilkan informasi mengenai training apa yang dibutuhkan oleh karyawan. Pada penilaian level individu mencoba mencari jawaban ”siapa” di dalam perusahaan yang memerlukan pelatihan dan pelatihan apa yang dibutuhkannya. Yang harus dilakukan pada cara ini adalah membandingkan kinerja aktual dari seseorang karyawan atau unit kerja dengan standar yang ditetapkan atau harapan perusahaan. Kesenjangan yang ditemukan dapat mengidentifikasikan jenis pelatihan apa yang diperlukan karyawan.


Daftar Pustaka
Rossett, A .dan Sheldon, K. (2001). Analysis: The study we do in order to figure out what to do. [Online]. Tersedia: http://www.sos.net/~donclark/analysis/analysis.html. [19 juni 2010]
Rossett, Allison & Arwady J.W. (1987). Training Needs Assessment. New Jersey:
Educational Technology Publication, Inc.

Komentar